Kompetisi yang merupakan salah satu kegiatan dari Pekan Raya Statistika 2014 telah ditunggu kehadirannya. DAC hadir kembali agar mahasiswa sebagai sasaran dari acara ini mampu menggali serta mengasah segala kemampuannya sehingga dapat dikembangkan nantinya dan bermanfaat bagi masyarakat. Kemampuan yang baik dalam menganalisis data, berpikir kritis serta mampu memecahkan solusi dari permasalahan yang diberikan akan menambah pengetahuan mengenai aplikasi ilmu Statistik pada khususnya.

Lomba ini bersifat terbuka bagi mahasiswa Program Studi Statistika atau Non Statistika se Indonesia, terutama yang tertarik pada permasalahan analisis data. Data Analysis Competition (DAC) ini akan mengambil data yang berhubungan dengan keadaan ekonomi Indonesia. Diharapkan hasil analisis dari peserta ini dapat dijadikan pertimbangan pemerintah untuk mengambil kebijakan publik.

Bentuk acara Data Analysis Competition (DAC) yaitu kompetisi menganalisis data oleh setiap tim yang terdiri dari 2 orang. Data Analysis Competition (DAC) terbagi menjadi 3 tahap, yaitu:

  1. Babak Penyisihan : Analisis Data Sederhana => Masing-masing tim diberi soal untuk diselesaikan secara berkelompok dan menganalisis persoalan tersebut dengan software bebas.
  2. Babak Semifinal : Analisis Data Kompleks => Masing-masing tim menganalisis data permasalahan dengan menggunakan komputer dan software bebas..
  3. Babak Final : Presentasi => 10 tim terbaik masing-masing diberi waktu 20 menit (10 menit presentasi dan 10 menit tanya jawab) untuk mempresentasikan hasil analisis data pada tahap semifinal.
  • Posted on 21. November 2013
  • Written by admin
  • Categories: Uncategorized
Leave a comment

Comments are closed.